pendidikan-boyolali
FOTO DIRI : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto. (newsreal.id/Joko Murdowo)

BOYOLALI,newsreal.id – Pemkab Boyolali mematangkan rencana sekolah tatap muka. Direncanakan, kegiatan tersebut dimulai pada minggu kedua Januari tahun 2021.

“Ya, kami juga masih matangkan hal ini dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) baik SD maupun SMP. Ini masih tahap ujicoba,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali, Darmanto.

Dijelaskan, sekolah tatap muka tetap mengedepankan dua aspek penting yang saling berkait. Yaitu, peningkatan kualitas pendidikan di Boyolali serta upaya mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19.

Baca : Satu dari Tujuh Gubernur Terbaik di Asia dari Indonesia

“Namun kami tegaskan, bahwa sekolah tatap muka ini tidak wajib bagi setiap sekolah dan tidak wajib bagi setiap siswa.”

Untuk itu, sekolah juga harus mendapatkan izin dari satgas Covid-19 setempat. Dimana untuk SD harus mendapatkan persetujuan dari kepala desa atau kepala kelurahan. Sedangkan untuk SMP harus mendapatkan izin dari camat setempat.

Diakui, sempat ada perdebatan terkait dimulainya sekolah tatap muka tersebut. Ada yang berpendapat sebaiknya dimulai untuk tingkat SD mengingat persebaran siswa hanya di lingkup satu desa.

“Namun ada pula yang berpendapat diawali tingkat SMP karena siswa SMP lebih dewasa sehingga lebih mudah diatur.”

Baca : 38 Orang Diamankan, Diduga Mengintimasi dan Mengancam Petugas BPR

Jika pun nantinya dijalankan, imbuh Darmanto, maka jumlah siswa maupun waktu pembelajaran dibatasi. Dimana untuk siswa maksimal 18 anak/ kelas. Tujuannya, agar ada jarak yang memadai antar siswa.

“Demikian pula waktunya, maksimal tiga jam/hari.”
Diakui, untuk pembelajaran di tingkat SMP sebenarnya sudah tidak masalah. Pasalnya, pihaknya telah melakukan ujicoba dan persiapan sejak bulan September saat adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

“Total ada 100 SMP, 52 SMP negeri dan 48 SMP swasta. Untuk SD bakal ada verifikasi lebih lanjut.” (Joko Murdowo)

Baca : Ikuti Sang Bapak, Putra Jokowi Selangkah Lagi Jadi Wali Kota Solo

Tinggalkan Pesan