limbah rum

WONOGIRI,newsreal.id – Bau menyengat yang diduga berasal dari limbah pabrik PT Rayon Utama Makmur (RUM) Sukoharjo kembali dirasakan sebagian masyarakat Wonogiri, beberapa hari ini. Bau tersebut mencapai wilayah Kecamatan Selogiri dan sebagian Kecamatan Wonogiri kota.

Alhasil, banyak masyarakat mengeluhkan bau menyengat tersebut. Mereka banyak melontarkan keluhannya melalui media sosial. Pasalnya, polusi udara itu sudah dirasakan warga sejak dua tahun lalu.

Menanggapi hal itu, Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo meminta masyarakat untuk melayangkan surat kepada Pemkab. Selanjutnya, Pemkab menindaklanjuti aduan masyarakat tersebut.

Tahun lalu, PT RUM pernah berkomitmen untuk mengatasi dampak polusi udara saat mengikuti pertemuan di pendapa Kabupaten Wonogiri. Perusahaan tersebut juga menyatakan akan melaporkan perkembangan upaya yang mereka lakukan secara rutin.

Bupati mengaku juga ikut merasakan bau menyengat tersebut. “Saya akan panggil Dinas Lingkungan Hidup. Mereka (PT RUM) setiap bulan melaporkan. Tapi nanti akan kita lihat, apakah perkembangannya masih sesuai komitmen atau tidak,” ujarnya. (ky)

Tinggalkan Pesan