Kapolres : Ada Kerumunan Kami Tabrak, Antisipasi Kepulangan Ba’asyir

apel-pengamanan-pilkada-sukoharjo
APEL : Bupati Sukoharjo, Kapolres dan Dandim melakukan cek pasukan dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Senin (7/12/2020). (newsreal.id

SUKOHARJO,newsreal.id – Polres dan Kodim Sukoharjo tidak akan menempatkan pasukan khusus dalam rangka kepulangan Abu Bakar Ba’syir dalam waktu dekat ini.

Hal itu diungkapkan Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yoga Pamungkas usai rapat koordinasi dengan jajaran Forkpimda di ruang rapat bupati. Menurut Kapolres, tidak ada persiapan khusus mengantisipasi kepulangan tokoh Ponpes Al Mukmin Ngruki tersebut.

“Tidak ada anggota yang ditempatkan dalam satu titik, termasuk di Ponpes Al Mukmin Ngruki, Grogol. Yang ada nanti adalah penegakan protokol kesehatan yang dilakukan oleh Gugus Tugas,” jelas Kapolres.

Selain itu, pihaknya juga tidak akan melakukan penyekatan wilayah. Kalaupun ada operasi di lapangan, itu merupakan operasi yustisi terkait dengan penegakan disiplin kesehatan. Pihak Ponpes yang juga hari dalam rakor, kata Kapolres, juga sudah mengeluarkan imbauan pada santrinya, baik yang ada di ponpes atau alumni agar tidak ada kerumunan dalam kepulangan Abu Bakar Ba’asyir. Atas pernyataan tersebut pihaknya mengapresiasi dan menghormatinya.

“Gugus tugas itu terdiri dari berbagai unsur, baik itu TBI, Polri dan Satpol serta kesehatan. Jadi yang dilakukan adalah penegakan disiplin protokol kesehatan,” tandasnya.

Kendati tidak ada penempatan anggota secara khusus untuk pengamanan, Kapolres menegaskan akan membubarkan jika nanti dalam penyambutan Ba’asyir terjadi kerumunan. Pihaknya akan melakukan tindakan tegas hingga penerapan UU terkait dengan Corona.

“Kalau ada kerumunan dan melanggar, kami akan tabrak,” tandasnya.

Komandan Kodim 0726 Sukoharjo, Letkol Agus Adhy Darmawan. Pihaknya akan membcakup secara penuh kepolisian (Polres Sukoharjo) dalam rangka penegakan disiplin kesehatan.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Wardoyo Wijaya. Menurut bupati, semua sudah sepakat dalam penyambutan kepulangan Abu Bakar Ba’asyir menghindari kerumunan. Hal itu terkait dengan pandemi Covid-19. (Heru Susilo)

Tinggalkan Pesan