vaksin-corona-wonogiri
FOTO DIRI : Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (newsreal.id/Khalid Yogi)

WONOGIRI,newsreal.id – Kabupaten Wonogiri akan memperoleh vaksin untuk sekitar 2.000 orang pada tahap pertama. Vaksin penyakit virus corona (Covid-19) tersebut akan dibagikan kepada para tenaga kesehatan atau paramedis.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengungkapkan, tahap pertama diprioritaskan kepada tenaga kesehatan atau paramedis. “Total jumlah tenaga kesehatan negeri maupun swasta di Wonogiri sebanyak 4.217 orang. Mereka sudah masuk database Jawa Tengah. Untuk tahap pertama, Wonogiri akan mendapatkan kuota 50% dari jumlah tenaga medis itu,” katanya, Selasa (6/1/2021).

Pembagian vaksin secara gratis itu diberikan berdasarkan peta kondisi wilayah. “Wilayah yang masuk zona merah akan kami prioritaskan agar memberikan optimisme kepada para tenaga medis kami,” katanya.

Baca : Belum Bisa Move On, 50 Persen Penderita Patah Tulang Memilih Pasif

Vaksin tersebut berasal dari pemerintah pusat, adapun pembagiannya menunggu penjadwalan dari Pemprov Jateng. “Pada jeda waktu itu, ada persiapan yang harus dipenuhi, termasuk fasilitas pendukung, pelatihan, kendaraan distribusi dan sebagainya. Prinsipnya kami sudah siap,” terangnya.

Setelah seluruh tenaga medis memperoleh vaksin, prioritas selanjutnya adalah para petugas pelayanan publik dan birokrasi, termasuk TNI dan Polri. “Setelah itu para lansia kemudian masyarakat umum,” imbuhnya.

Baca : Jambore Pajero Angkat Potensi Budaya dan Pariwisata

Bupati menyatakan siap jika diminta untuk divaksin pertama kali. Hal itu dapat memberi rasa optimisme dan semangat bagi masyarakat maupun tenaga medis.

Sementara itu, data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri menunjukkan jumlah pasien terkonfirmasi positif selama ini hingga 5 Januari 2021 mencapai 1.504 orang. Sebanyak 1.250 orang di antara mereka telah sembuh, 58 orang masih menjalani rawat inap, 137 orang isolasi mandiri, dan 59 orang meninggal dunia. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan