posko-ppkm-nusukan
CEK POSKO PPKM MIKRO- Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek posko PPKM Mikro di Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (13/2/2021). (newsreal.id/Sri Hartanto)

*Kapolda Cek Posko PPKM Mikro di Solo

SOLO, newsreal.id– Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro menjadi langkah cepat untuk mendeteksi warga desa yang terkonfirmasi positif terpapar covid-19.

Dalam pelaksanaan PPKM tingkat desa tersebut, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi secara langsung mengecek posko PPKM di Kelurahan Gandekan, Jebres dan di Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Solo, Sabtu (13/2/2021) siang.

Dikemukakan Kapolda, ada 1.062 kelurahan di seluruh Jawa Tengah telah berdiri poskonya beserta satgasnya. Di tiap posko yang berada di kelurahan sudah terdapat data yang lengkap berisi jumlah masyarakat, nama beserta alamat yang terpapar Covid-19. Disamping itu, Satgas dari Babinsa dan Babinkamtibmas sudah siap setiap saat untuk mentracking warga yang terkonfirmasi.

Pemantauan terus dilakukan manakala ada warga yang terkonfirmasi dengan cepat dapat ditangani, baik dilakukan secara isolasi mandiri maupun perlu dirawat di rumah sakit.

Ditambahkan Jenderal Bintang Dua tersebut bahwa pengecekan PPKM ditingkat kelurahan untuk melihat langsung penerapan protokol kesehatan (prokes), sekaligus untuk memantau perkembangan situasi Covid di tingkat desa.

“Berdasarkan aturan Kemendagri terkait PPKM skala mikro, di Polrestabes Semarang sudah clear. Semua kelurahan sudah mendirikan posko termasuk di wilayah Surakarta. Posko di setiap desa sudah terbentuk unit kecil lengkap yang terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dalam melakukan tracking kepada masyarakat,” tandas Perwira Tinggi Polri itu.

Mantan Kapolresta Surakarta tersebut berharap dengan adanya PPKM Mikro grafik kasus Covid-19 di Indonesia khususnya Jawa Tengah akan terus menurun.

“Adanya PPKM Mikro, masyarakat akan terbiasa, terdidik dengan adanya arahan satgas untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes). Diharapkan pula, dengan PPKM Mikro ini Covid di Jawa Tengah akan tertangani secara baik,,” kata Kapolda.

Adapun Lurah Nusukan, Tutik Sriwahyuni, menjelaskan, tim Satgas PPKM Mikro telah mendata warga yang terpapar Covid-19. Di wilayah Nusukan terdapat 19 warga terkonfirmasi Covid-19.

“Sudah kami data, untuk mereka yang terkonfirmasi disuruh di rumah saja. Untuk kebutuhan makanan dikirim dari posko,” katanya.

Selain melakukan pengecekan PPKM Mikro di dua titik yakni di Kelurahan Gandekan dan Kelurahan Nusukan, Kapolda juga memberikan masker untuk Posko PPKM Mikro yang tentukan akan dibagikan kepada masyakarat. (Sri Hartanto)

Tinggalkan Pesan