Spillway Waduk Gajahmungkur Dibuka 100 M3/Detik

waduk-gajah-mungkur-wonogiri
DIBUKA LEBAR : Pintu air Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri dibuka lebar sehingga menggelontorkan air dalam jumlah besar ke Bengawan Solo, Jumat (12/2/2021). (newsreal.id/Khalid Yogi)

WONOGIRI,newsreal.id – Pintu air atau spillway Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri dibuka lebar mulai, Kamis (11/2/2021). Air dari Waduk Gajahmungkur digelontorkan sebesar 100 meter kubik per detik ke Bengawan Solo.

Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Setiyantono menerangkan, elevasi atau tinggi muka air Waduk Gajahmungkur pada Kamis (11/2/2021) telah mencapai 135,81 meter dari permukaan laut (dpl). Alhasil, waduk berstatus siaga hijau.

“Pada musim penghujan, elevasi waduk memasuki siaga hijau. Maka elevasinya dijaga dengan melepaskan kelebihan air dari hulu sesuai standar operasional Waduk Wonogiri,” katanya.

Pelepasan air tersebut dilakukan untuk menyiapkan tampungan air agar banjir yang datang dari hulu dapat diredam oleh waduk. “Pintu air dibuka dua unit dengan debit outflow sebesar 100 meter kubik per detik,” ujarnya.

Karena besarnya debit yang digelontorkan tersebut, masyarakat di bawah bendungan perlu waspada. Beberapa area telah dipasang Early Warning System (EWS) agar masyarakat sekitar segera mengetahui jika ada kenaikan muka air sungai. Pintu air akan dibuka sampai kondisi siaga terlalui, atau di bawah 135 meter dpl.

Meski demikian, dia memastikan bendungan dalam kondisi aman. Pengelola Bendungan Wonogiri selalu melaksanakan monitoring terhadap keamanan bendungan. Monitoring dilakukan melalui pengukuran instrumen keamanan bendungan dan pengamatan-pengamatan lain secara rutin dan terjadwal.

“Bendungan Wonogiri dibangun tahun 1976-1980, diresmikan oleh Presiden Soeharto bulan November 1981. Bendungan dan waduk saat ini dikelola dengan sebaik-baiknya agar mampu memberi manfaat, mengendalikan banjir, Pembangkit Listrik Tenaga Air, irigasi, penyediaan air baku dan sebagainya selama mungkin,” katanya. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan