tes-cpns
FOTO ILUSTRASI/liputan6

WONOGIRI,newsreal.id – Pemkab Wonogiri mengajukan usulan sebanyak 3.921 formasi untuk perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021 ini. Sebagian besar untuk P3K sebanyak 3.663 formasi, sedangkan CPNS sebanyak 258 formasi.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Wonogiri, Wahyudi mengatakan, formasi guru masih mendominasi usulan. Meski demikian, tenaga kesehatan dan tenaga teknis juga diusulkan dalam perekrutan CPNS dan P3K tersebut.

Dia menerangkan, dari 3.921 formasi yang diajukan itu, belum tentu semua akan disetujui oleh pemerintah pusat. Usulan itu harus melalui proses verifikasi dan validasi terlebih dahulu. Kalau formasinya sudah lolos verifikasi dan validasi, kemungkinan besar akan disetujui meskipun tidak seluruhnya.

Adapun formasi guru diprioritaskan bagi yang sudah masuk data pokok pendidikan (Dapodik) atau sudah mengabdi di pemerintahan. Sedangkan lowongan guru dari formasi umum diprioritaskan bagi pelamar yang sudah memiliki sertifikat pendidik.

Formasi guru menurutnya mendominasi karena jumlah guru PNS semakin menurun dari tahun ke tahun. Data dari BKD Wonogiri menunjukkan, jumlah guru yang pensiun pada 2020 lalu mencapai 730 orang, sedangkan tahun 2021 ini lebih dari 600 orang.

Formasi pegawai di Organisasi-organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya juga semakin menurun karena banyak yang pensiun.

Sementara itu, jadwal pendaftaran CPNS dan P3K rencananya dibuka akhir Mei mendatang. “Hasil rapat koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), formasi yang diajukan pemerintah daerah ditetapkan akhir Maret ini. Jadwalnya masih tentatif,” kata Wahyudi, Jumat (19/3). (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan