rutan-boyolali
DIBORGOL: Warga binaan atau tahanan dikeluarkan dari Rutan lama dalam kondisi tangan diborgol dengan tahanan lainnya.(newsreal.id/Budi Sarmun)

BOYOLALI,newsreal.id – Jajaran Rutan Boyolali boyongan ke tempat baru, Rabu (24/3/2021). Boyongan sekaligus diikuti pemindahan seluruh warga binaan di dalamnya.

Total ada 156 warga binaan, 14 diantaranya perempuan yang dipindahkan ke Rutan baru di Kampung Masahan, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo. Warga binaan diangkut dengan mobil tahanan berupa tiga bus dan dua mobil minibus khusus untuk angkutan tahanan.

Dibawah pengamanan ketat petugas Rutan, TNI dan Polri, para warga binaan dibawa masuk ke dalam mobil tahanan yang parkir di depan Rutan. Pemindahan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Mengingat keterbatasan armada, maka pemindahan dilakukan hingga tiga kali trip. Begitu tiba di Rutan baru, mobil pengangkut warga binaan langsung masuk kawasan Rutan. Selanjutnya, warga binaan turun dan didata untuk selanjutnya dimasukkan ke ruang tahanan.

Ditemui wartawan di sela- sela prosesi boyongan, Kepala Rutan Boyolali, Agus Imam Taufik menjelaskan, pemindahan dilakukan karena lokasi Rutan lama di Jalan Merbabu No 15, Boyolali Kota dinilai sudah tidak representatif.

Dimana luas tanah hanya 900 meter persegi dengan kapasitas sebenarnya 36 orang tahanan atau warga binaan. Namun, ruang tahanan diisi hingga 156 orang. Sehingga Rutan Boyolali sudah over kapasitas.

Sedangkan Rutan baru memiliki luas hingga 14.800 meter persegi. Dimana saat ini baru berdiri satu bangunan khusus untuk ruang tahanan berkapasitas 156 orang. Seluruh tanah dan bangunan merupakan hibah dari Pemkab Boyolali.

“Di lokasi baru, program pembinaan terhadap warga binaan bakal lebih maksimal,” katanya. (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan