smp -wonogiri
MENYIAPKAN BANGKU : Seorang pengajar menyiapkan bangku untuk pembelajaran tatap muka di SMP 1 Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Rabu (31/3/2021). (newsreal.id/Khalid Yogi)

WONOGIRI,newsreal.id – Sejumlah sekolah di Kabupaten Wonogiri akan melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) 5-16 April mendatang. Para guru dan karyawan sekolah yang ditunjuk untuk PTM mulai divaksin dan menjalani rapid test antigen.

Salah satunya dilakukan oleh 80 guru dan karyawan SMP 1 Wonogiri. Mereka ditest rapid antigen dan divaksin di Puskesmas Wonogiri II.

Kepala SMP 1 Wonogiri Sri Nuryati mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan. Antara lain dengan mengatur bangku siswa agar tidak terlalu berdekatan. Bangku diberi nomor absen sehingga seorang siswa tidak duduk di bangku siswa lainnya.

Adapun pemberian angket kepada orang tua mulai dilakukan. Angket atau kuesioner itu untuk mengetahui siapa saja murid-murid yang mendapatkan atau tidak mendapatkan izin dari orang tuanya.

“Jumlah murid sekolah kami ada 894 anak. Sekarang sedang proses penyebaran angket, sehingga nanti bisa diketahui berapa anak yang mendapatkan izin orang tuanya,” katanya.

Murid-murid yang mendapatkan izin orang tua bisa mengikuti PTM. Adapun murid-murid yang tidak mendapatkan izin orang tua akan menjalani kegiatan belajar mengajar melalui online.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo mengatakan, standar operasional dan prosedur (SOP) PTM sudah ditentukan. Para guru, karyawan dan siswa menurutnya sudah mempunyai pemahaman yang cukup setelah selama setahun melewati pandemi virus corona (Covid-19).

Pihaknya juga akan melakukan monitoring dan evaluasi setelah uji coba PTM dilaksanakan. Jika PTM bisa dilangsungkan sesuai dengan SOP yang ada, program tersebut bisa diperluas ke sekolah-sekolah yang lain. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan