ujian-advokat
UJIAN ADVOKAT- Praktik Ujian Profesi Advokat (PUPA) yang digelar di Hotel UNS Inn di kompleks Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (10/4). (newsreal.id/dokumentasi)

SOLO, newsreal.id – (Peradi) Perhimpunan Advokat Indonesia menyelenggarakan praktik ujian profesi advokat (PUPA) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Sabtu (10/04/2021).

Praktik ujian profesi ini diikuti oleh 70 peserta dari berbagai kalangan, dan juga digelar secara serentak di 44 kota yang ada di Indonesia dengan total keseluruhan peserta mencapai 5.833 orang.

Kegiatan PUPA ini juga diikuti oleh peserta dari luar Kota Solo. Namun, dari pihak panitia membatasi peserta yang ingin mengikuti ujian pada tahun ini.

“Dalam pelaksanaan ujian di UNS, peserta harus dapat menjawab soal yang diujikan baik ujian pilihan maupun essai,” terang Ketua Peradi Kota Surakarta, Zainal Abidin SH MH usai pelaksanaan PUPA berlangsung.

Materi yang diujikan dalam PUPA mulai dari materi hukum acara, dasar hukum, kode etik advokat dan lain sebagainya.

Bagi peserta PUPA dapat melihat hasil ujian setelah dilakukan seleksi. Peserta dinyatakan lulus atau tidak tergantung dari hasil ujian yang sudah dikerjakan. Jika peserta dinyatakan tidak lulus, peserta dianjurkan menunggu untuk bisa mengikuti pelaksanaan PUPA kembali agar bisa lulus, hal ini dijelaskan oleh Zainal,

“Ya, kami harapkan dapat lulus ya. Sehingga, dapat menjalankan tugas dengan baik (sebagai advokat-red),” ungkap Zainal.

Zainal menjelaskan jika peserta juga diikuti oleh berbagai profesi dan ada yang sudah bergelar doktor.

“Saat ini, Peradi yang ada di Kota Solo Raya berjumlah lebih dari 500 anggota. Kabar baiknya setiap tahun anggota peradi di Kota Bengawan terus bertambah, dengan pertambahan anggota Peradi diharapkan dapat memberi kontribusi dan manfaat kepada masyarakat khususnya di bidang hukum,” jelasnya. (*)

Tinggalkan Pesan