danrem-surakarta-kunjungan-ponpes
KUNJUNGI PONPES- Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Deddy Suryadi silaturahmi ke Ponpes Budi Utomo atau di Kantor LDII Kota Surakarta di Skip, Kadipiro, Banjarsari, Senin (26/4/2021). (suaramerdekasolo.com/Sri Hartanto)

*Peningkatan Kerjasama TNI-Ponpes

SOLO,suaramerdekasolo.com– Danrem 074/Warastratama Surakarta, Kolonel Inf Deddy Suryadi bersilaturahmi ke sejumlah lembaga pendidikan, salah satunya di Ponpes Budi Utomo atau Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Senin (26/4/2021) petang.

Niat Danrem tersebut bertujuan untuk penguatan kerjasama di berbagai bidang, seperti memberikan bekal bagi para santri turut serta bela negara, pada sisi lain anggota TNI dapat menambah keimanan dan meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang agama saat berada di ponpes.

“Ini bukan berarti anggota TNI masuk ponpes untuk mengantisipasi agar para santri tidak terpapar oleh paham radikalisme,” tegas Danrem usai silaturahmi dengan para pimpinan atau pengasuh LDII di berbagai daerah di Ponpes Budi Utomo, Skip, Kadipiro, Banjarsari, Senin petang.

Selain meningkatkan program TNI masuk ponpes di bulan Ramadan, Deddy Suryadi secara tegas mengimbau agar para santri yang berada di ponpes tidak mudik.

Mantan Dangrup 2 Kopassus Kandang Menjangan itu mengatakan larangan mudik oleh pemerintah tentunya memiliki pertimbangan baik. Hal itu melihat situasi pandemi virus corona yang belum selesai hingga saat ini.

“Keselamatan jiwa masyarakat jauh lebih penting daripada mementingkan diri sendiri,” tandas Perwira Menengah Berpangkat Melati Tiga Dipundak tersebut.

Gabung TNI

Sehubungan adanya larangan mudik dari pemerintah, Ketua DPD LDII Kota Surakarta, Muhammad Zain SH, mengemukakan santri ponpes siaga candi akan mematuhi aturan pemerintah untuk tidak mudik.

Menurutnya, siswa yang diperbolehkan pulang hanya siswa lokal Soloraya saja sedangkan siswa di luar Soloraya diminta untuk tetap tinggal di dalam pondok.

“Adapun TNI masuk pondok itu program lama, kunjungan TNI ke Ponpes Budi Utomo yang juga sebagai Kantor LDII untuk memberikan wawasan kebangsaan. Jadi para santri memiliki semangat bela negara,” papar Zain.

Dia menambahkan jauh lebih baik lagi jika ada santri nantinya setelah lulus bisa bergabung menjadi anggota TNI. (Sri Hartanto)

Editor : Budi Sarmun

Tinggalkan Pesan