siswa-tni-au
DILANTIK- Ratusan prajurit TNI AU disumpah dan dilantik di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Rabu (28/4/2021). (newsreal.id/dokumentasi)

SOLO, newsreal.id– Sebanyak 376 prajurit TNI AU yang digembleng pendididikan selama kurang lebih lima bulan, Rabu (28/4) secara resmi dilantik dan disumpah di Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar.

Tiga ratusan lebih bintara TNI AU Angkatan ke-46 tersebut secara langsung dilantik Komandan Kodiklatau, Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah SE, MM.

Selaku Inspektur Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Semaba PK TNI AU Angkatan ke-46, di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Komandan Kodiklatau dalam sambutannya mengatakan para prajurit telah menempuh pendidikan secara umum sesuai kurikulum yang telah direncanakan. Kemampuan dan ilmu pengetahuan yang mereka diperoleh dari para instruktur dan pembina, barulah merupakan dasar sebagai bekal dalam melaksanakan tugas atau meniti karir selanjutnya.

Disisi lain, Dankodiklatau menyampaikan kemampuan yang sudah dimiliki para prajurit harus terus dikembangkan, ditingkatkan sesuai bidang tugas yang diberikan. Selain itu, pengetahuan, keterampilan dasar militer yang telah diperoleh selama pendidikan, harus benar-benar dihayati dan diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas nantinya.

“Namun demikian saudara tetap harus meningkatkan profesionalisme di bidang tugas masing­masing, baik dengan pengalaman kedinasan maupun pendidikan lebih lanjut nanti, Karena semuanya itu memiliki nilai strategis dalam mengawaki organisasi TNI AU mendatang,” lanjut Dankodiklatau dalam arahannya kepada 376 prajurit yang telah resmi dilantik dan disumpah.

Diakhir sambutannya, Dankodiklatau mengatakan, menyikapi kondisi global seperti sekarang ini dikarenakan penyebaran virus Covid-19, serta sesuai anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, maka dalam pelaksanaan penutupan pendidikan, pelantikan dan pengambilan sumpah prajurit siswa Semaba PK TNI AU angkatan ke-46 dilaksanakan secara terbatas, sehingga antisipasi terhadap penyebaran virus Covid-19 dapat dihindari.

Sebelum dilantik, ratusan prajurit TNI tersebut menempuh pendidikan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 403 Lanud Adi Soemarmo untuk Semaba PK Pria dan diikuti 312 siswa sedangkan Semaba PK Wanita (Wara) diikuti 64 siswa di Skadron Pendidikan 105 Lanud Adisutjipo yang berlokasi di Kaliurang Yogyakarta.

Mereka digembleng dan ditempa dari masyarakat sipil menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara yang Ksatria, Militan, Loyal dan profesional. Terpilih sebagai lulusan terbaik Semaba PK Pria adalah Serda M. Rifandi untuk Semaba PK Wanita adalah Serda Tasya Aprilia Puteri. Selanjutnya mereka akan menempuh pendidikan kejuruan sesuai dengan bidang masing masing.

Setelah upacara pelantikan selesai, kemudian ada acara tambahan berupa bela diri yang ditampilkan oleh para mantan siswa Semaba A-46 yang mendapatkan apresiasi dari para tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam upacara Penutupan Pendidikan Semaba PK TNI AU Angkatan ke-46, Ketua PIA AG Gab.II Kodiklatau, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan, S.T. dan Ketua PIA AG Cab.3/G II Lanud Adi Soemarmo. Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI M Yani Amirullah dan Ketua PIA AG Cab.2/G II Lanud Adisutjipto, para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Lanud Adisutjipto. (Sri Hartanto)

Tinggalkan Pesan