PERCAYA atau tidak, konsistensi adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses dalam segala bidang. Tanpa konsistensi, rasanya sulit untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan.

Bahkan, yang membedakan orang sukses dan yang tidak, salah satunya dalam hal konsistensi ini. Sehingga, tak ada alasan untuk Anda tidak bisa menjaga konsistensi ini.

Namun, tidak semua orang mampu secara konsisten menjalankan tujuannya. Oleh sebab itu, mereka memerlukan cara-cara tertentu untuk bisa mewujudkannya.

Jika Anda menyadari bahwa Anda sulit untuk menjaga konsitensi, cobalah beberapa cara seperti di bawah ini!

  1. Mulai Dengan Rencana

Apapun yang ingin Anda tuju, biasakan untuk mengawalinya dengan membuat sebuah rencana. Rencana ini seperti gambaran besar tentang apa yang ingin Anda lakukan, serta langkah-langkah apa saja yang perlu ditempuh.

Membuat rencana yang baik juga akan menjaga langkah Anda agar selalu tetap pada tujuannya.

Banyak orang yang selalu bertindak tanpa rencana atau spontan, tetapi pada akhirnya jalannya justru tak terarah. Itu karena, mereka tidak punya panduan tentang apa yang harus dilakukan.

Dengan membuat rencana, apapun tujuan Anda akan berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Dan juga menjadi salah satu cara untuk menjaga konsistensi dengan berpatokan terus padanya.

  1. Mulai dari Yang Kecil Dulu

Mungkin Anda tidak bisa langsung bertindak konsisten pada hal-hal yang besar, maka dari itu mulailah dulu dari sesuatu yang kecil.

Konsistensi sangat erat hubungannya dengan kebiasaan. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai membiasakan hal kecil dalam kehdupan sehari-hari, tetapi dilakukan terus-menerus hingga menjadi kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan.

Misalnya, Anda bisa mulai dengan kebiasaan bangun setiap jam 5 pagi. Lakukanlah itu secara terus-menerus selama sebulan ke depan. Setelah Anda lakukan, maka Anda akan merasa aneh jika bangun lebih dari jam tersebut. Itu tandanya Anda sudah membentuk sebuah kebiasaan baru.

Saat sudah terbiasa dengan hal kecil, lalu Anda bisa tingkatkan secara bertahap hingga berujung pada hal besar yang sudah Anda impikan.

  1. Sabar

Namanya ingin mewujudkan hal besar, tentu membutuhkan kesabaran.

Menjaga konsistensi itu sama dengan belajar untuk sabar, di mana Anda harus melakukan suatu hal terus-menerus yang mungkin membuat Anda merasa bosan atau lelah.

Saat Anda sudah berhasil melewatinya, Anda akan dapat dua hal baik sekaligus, yaitu menjadi orang yang lebih sabar, sekaligus berhasil menjadi orang yang konsisten!

  1. Berpatokan Pada Hasil

Kalau Anda mengalami saat inkosisten, cara yang bisa Anda lakukan adalah berpatokan terus pada hasil.

Hasil akan terus menghidupkan semangat Anda untuk berjuang, apalagi yang dituju adalah sesuatu yang besar.

Anda bisa bayangkan terus-menerus saat Anda sudah mendapatkan hasil yang diinginkan. Ingatlah bagaimana perasaan itu, dan ingatlah bagaimana orang-orang akan bertepuk tangan pada Anda saat Anda sudah berhasil mencapai mimpi besar Anda.

  1. Evaluasi

Jika Anda masih terus gagal dalam menjaga konsistensi, berarti ada sesuatu yang salah. Bisa itu cara yang Anda lakukan, atau bisa juga karena keadaan yang memaksa.

Untuk itu, Anda mesti tengok lagi ke belakang apa yang sudah Anda perbuat, dan bagaimana hasilnya. Anda bisa terus evaluasi langkah-langkah Anda terkait konsistensi, serta apa saja halangan terberat yang mesti dieliminasi.

Saat Anda mencoba lagi nanti, tentu Anda sudah tahu poin-poin yang membuat Anda gagal, sehingga Anda tak boleh melakukan lagi di masa mendatang. Itulah pentingnya evaluasi.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan