Tokek

SETIAP hewan di dunia ini, dianugerahi kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pendengaran luar biasa, kecepatan menakjubkan, atau bahkan penglihatan terbaik yang mengesankan.

Seperti beberapa hewan dengan mata paling tajam berikut ini!

  1. Katak

Hewan dengan mata paling tajam dalam daftar ini adalah katak. Mata katak yang besar, tidak cuma sebagai estetika saja, tetapi sangat berguna dalam beberapa hal.

Pertama, karena amfibi ini menghabiskan banyak waktu di dalam air yang penuh kotoran, sehingga ia memerlukan perlindungan untuk matanya.

Katak memiliki tiga kelopak mata, dua kelopak mata transparan dan satu kelopak mata semi transparan. Membran semitransparan ini dikenal sebagai membran nictitating. Ia bisa menutup sepenuhnya sehingga mata katak dapat terlindung saat ia di dalam air.

Posisi mata katak juga memberikan bidang pandang yang lebih baik. Mata terletak di atas sisi kepala mereka, sehingga mereka mendapatkan tampilan 360 derajat penuh. Bahkan, katak dapat melihat apa yang terjadi di luar saat terendam air.

  1. Hiu Martil

Hiu martil merupakan makhluk laut dengan tampilan unik. Ia memiliki bentuk kepala yang cukup aneh namun menarik. Berbentuk seperti palu pipih dengan mata terbuka lebar.

Namun dibalik keanehan bentuk kepalanya tersebut, ternyata sangat membantu dalam soal penglihatan. Hal ini menjadikan hiu martil sebagai hewan dengan mata paling tajam diantara jenisnya.

Hiu-Martil

Pandangan mata yang begitu luas memberikan hiu martil penglihatan terbaik untuk berburu mangsa, serta persepsi kedalaman yang luar biasa seperti manusia.

  1. Kambing

Apakah pupil Kambing yang berbentuk persegi panjang tampak aneh bagi Anda? Anda mungkin menjawab YA! Karena memang bentuknya aneh.

Tetapi, bentuk yang aneh tersebut justru memberikan keuntungan tersendiri dalam soal penglihatan.

Kambing

Untuk hewan yang merumput seperti kambing, penglihatan terbaik adalah kekuatan yang paling diinginkan. Sebab, bagi hewan penggembala seperti kambing, peluang terjadinya serangan dari hewan predator lebih tinggi.

Pupilnya yang berbentuk persegi panjang, memberikan Kambing penglihatan panorama yang detail, yang membantu mereka mendeteksi bahaya dari kejauhan.

Selain itu, perputaran mata yang efektif dapat membantu kambing mendeteksi gerakan aneh di sekitarnya. Dengan begitu, Kambing punya cukup waktu untuk melarikan diri dari hewan pemangsa.

  1. Tokek

Hewan dengan mata paling tajam selanjutnya adalah tokek. Ada sekitar 1.500 jenis tokek yang hidup di daerah beriklim hangat di dunia. Kebanyakan tokek aktif di malam hari (nokturnal).

Untuk beradaptasi dengan gaya hidup ini, tokek diberkahi penglihatan terbaik yang mengagumkan. Tepatnya, mata mereka 350 kali lebih sensitif daripada ambang penglihatan manusia dan penglihatan warna.

Bahkan, mereka dapat melihat warna dalam cahaya redup dengan kualitas luar biasa. Itu bukanlah kemampuan yang dimiliki bagi kebanyakan satwa.

  1. Capung

Salah satu hal menakjubkan tentang capung adalah matanya yang besar dan bulat. Dibalik keindahan bentuknya, serangga ini ternyata juga menyimpan kemampuan yang luar biasa.

Capung

Setiap mata capung terbuat dari 30.000 segi dan ditempatkan ke arah yang berbeda. Hasilnya adalah penglihatan 360 derajat yang luar biasa. Ini memungkinkan capung untuk mendeteksi gerakan sekecil apa pun di lingkungan mereka.

Binatang ini juga dapat mendeteksi UV dan cahaya terpolarisasi yang berada di luar spektrum visual manusia. Semua keunggulan ini sangat berperan untuk navigasi capung.

  1. Burung Hantu

Burung Hantu juga merupakan hewan dengan penglihatan terbaik. Matanya yang bulat besar dan menghadap ke depan, begitu menjadi daya tarik burung malam ini.

Penempatan mata ini memberikan keuntungan besar bagi burung hantu, seperti penglihatan binokular yang baik atau kemampuan untuk melihat objek dengan kedua mata dengan persepsi kedalaman yang luar biasa. Untuk hewan atau burung dengan mata di sisi kepalanya, tidak akan mendapatkan visi sebagus ini.

Burung-Hantu

Anehnya, alih-alih memiliki bola mata, mata burung hantu justru berbentuk seperti tabung. Dan juga, mata mereka tidak bisa digerakkan seperti mata kita. Tapi, mereka bisa memutar kepalanya 270 derajat ke kiri dan ke kanan. Dengan demikian, burung hantu mendapatkan penglihatan yang jauh lebih luas.

Untuk beradaptasi dengan kehidupan nokturnal, burung hantu juga memiliki penglihatan malam yang sangat baik, itu berkat jutaan batang retina yang peka cahaya.

Kemampuan visi yang mengagumkan ini sangat membantunya dalam berburu mangsa di malam hari, terutama mangsanya yang lebih kecil.

  1. Bunglon

Bunglon, sangat terkenal dengan kemampuan adaptasi dengan mengubah warnanya menyerupai lingkungan sekitar (mimikri). Tapi tidak hanya itu, sistem visual mereka juga sama menakjubkannya.

Bunglon-hewan-dengan-mata-paling-tajam

Reptil ini dapat menggerakkan matanya secara mandiri. Artinya, mereka dapat fokus pada dua objek berbeda dalam dua arah berbeda pada waktu yang sama.

Kekuatan mata bunglon yang luar biasa ini memberikannya penglihatan 360 derajat. Bunglon juga dapat fokus pada objek dengan kecepatan luar biasa.

  1. Udang Mantis

Terakhir dalam daftar hewan dengan mata paling tajam, ialah udang mantis. Udang mantis memiliki sistem visual paling fantastis di dunia hewan.

Udang-Mantis

Manusia, memiliki tiga reseptor warna, tetapi krustasea yang tidak biasa ini memiliki 12 reseptor warna berbeda. Hal ini membuat udang mantis dapat melihat lebih banyak warna yang tidak bisa kita lihat.

Mata indah udang mantis juga dapat berputar secara mandiri ke arah yang berbeda pada waktu yang sama. Kapasitas rotasi mata berukuran hingga 70 derajat, sehingga memberikan udang laut ini penglihatan terbaik yang lebih luas.

Selain itu, udang mantis juga dapat mendeteksi inframerah, U.V, dan cahaya terpolarisasi.

Menakjubkan bukan, daftar hewan dengan mata paling tajam dan memiliki penglihatan terbaik di atas? Sungguh kekuasaan Sang Pencipta tak ada tandingannya!

1 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan