Airlangga-Hartarto
FOTO DIRI : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto (setkab)

JAKARTA,newsreal.id – Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga tanggal 9 Agustus 2021 di sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. Untuk wilayah luar Pulau Jawa dan Bali, PPKM Level 4 akan diterapkan di 45 kabupaten/kota.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers mengenai Evaluasi dan Penerapan PPKM, Senin (02/08/2021) malam, secara virtual.

“Kalau kita lihat  kota dan kabupaten yang naik [kasusnya], karena kami mengkonsentrasikan pada kota/kabupaten yang naik, di luar Jawa-Bali ini ada 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota yang [PPKM] Level 4 dan ini dilanjutkan,” ujar Airlangga.

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua, ke-45 kabupaten (kab)/kota tersebut adalah, Medan (Sumatra Utara); Kota Padang (Sumatra Barat); Kota Pekanbaru (Riau); Kota Batam dan  Kota Tanjung Pinang (Kepulauan Riau); Jambi (Jambi); Kota Lubuklinggau, Kab Musi Banyuasin, dan Kab Musi Rawas (Sumatra Selatan); Kab Bangka Barat, Kab Belitung, dan Kab Belitung Timur (Kepulauan Bangka Belitung); Kota Bengkulu (Bengkulu); serta Kota Bandar Lampung (Lampung).

Kemudian, Kota Pontianak (Kalimantan Barat), Kab. Bulungan, Kab Nunukan, dan Kota Tarakan (Kalimantan Utara); Kab Berau, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kota Samarinda, Kab Kutai Barat, Kab Kutai Kartanegara, Kab Kutai Timur, dan Kab Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur); serta Kota Banjar Baru dan Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

Selanjutnya Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat); Kab Sikka, Kab Sumba Timur, dan Kota Kupang (Nusa Tenggara Timur); Kota Bitung, Kab Minahasa, dan Kab Minahasa Utara (Sulawesi Utara); Kota  Makassar, dan Kab Tana Toraja (Sulawesi Selatan); Kota Palu dan Kab Morowali Utara (Sulawesi Tengah); Kab Halmahera Barat (Maluku Utara); Kota Jayapura, Kab Mimika, dan Kab Merauke (Papua); serta Kota Sorong (Papua Barat).

Tinggalkan Pesan