Jadilah-Pribadi-yang-Lebih-Baik

MENJADI pribadi yang baik adalah harapan semua orang, dimana kita selalu ingin menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Namun, saat ingin mencoba ke arah yang baik, terkadang banyak halangan dan rintangan. Tidak masalah, itu sangat wajar!

Asalkan konsisten pada niat Anda ke arah yang lebih baik, yakinlah semua akan terjadi sesuai kehendak Anda.

Well, jika Anda ingin menjadi pribadi yang lebih baik, Anda bisa mencoba beberapa cara mudah berikut ini!

Lebih Sering Berbagi

Kita sering menyangka bahwa memiliki dan menyimpan apapun untuk diri sendiri merupakan kebahagiaan, padahal tidak selamanya demikian. Nyatanya, banyak orang yang memiliki segala-galanya namun masih merasa kurang saja.

Ternyata, kebahagiaan itu bisa diraih dengan melihat orang lain bahagia, salah satunya dengan cara memberi apa yang kita punya untuk membuat orang lain bahagia.

Berarti untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih bahagia, Anda harus berusaha berbagi terhadap sesama. Ini tidak melulu soal membagikan harta, karena berbagi ilmu, tenaga, atau apapun yang kita miliki juga merupakan bagian dari itu.

Tidak usah takut dengan kekurangan karena berbagi, nyatanya banyak sekali dermawan-dermawan yang selalu membagikan apa yang mereka miliki, namun kekayaannya justru malah tambah melimpah.

Prinsipnya, semakin banyak berbagi, semakin banyak yang kita dapat!

Dengan cara ini, Anda bukan cuma akan menjadi orang yang bahagia saja, tetapi menjadi pribadi yang lebih baik secara keseluruhan.

Bersikaplah Sopan pada Semua Orang

Ingat, kita adalah orang Indonesia, dimana adab sopan santun harus tetap dijunjung tinggi.

Agak miris jika melihat realita saat ini, dimana banyak orang yang saling meremehkan, bahkan hilang sikap sopan santunnya terhadap yang lebih tua. Apakah itu ciri bangsa kita?

Untuk itu, kalau ingin menjadi pribadi yang lebih lagi, bersikaplan sopan dan menghormati semua orang, tanpa memandang siapapun orangnya dan apapun pekerjaannya.

Lagipula, dengan bersikap sopan terhadap orang lain tidak akan menurunkan harga diri kita bukan? Justru malah sebaliknya, kita akan menjadi lebih disegani oleh orang lain.

Jangan Takut Perubahan

Di era modern, perubahan bisa sangat cepat terjadi. Siapapun yang tak mampu beradaptasi dengan arus, maka akan dengan mudah tergerus zaman.

Meskipun perubahan tidak selamanya menjadi baik, kita dapat mengikuti perubahan yang sifatnya tidak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Dan yang terpenting, jangan takut dengan perubahan itu sendiri.

Prinsipnya, jangan melawan keadaan, jangan juga terlalu terbawa keadaan, tetapi berdamailah dengan keadaan!

Di sisi lain, dengan mengikuti perkembangan zaman, kita akan menjadi pribadi yang lebih aktual, serta dapat memposisikan diri lebih baik lagi dalam kehidupan bermasyarakat.

Memaksimalkan Potensi Diri

Setiap manusia sudah dibekali dengan potensi-potensi yang dapat menjadikannya pribadi terdepan. Oleh karenanya, untuk menjadi pribadi yang lebih baik kita harus senantiasa mengasah kemampuan yang kita miliki.

Apapun kemampuan dan potensi yang seseorang miliki, selama hal itu positif pasti akan membuat posisi seseorang menjadi lebih bermakna di mata banyak orang.

Bersyukur

Salah satu cara terkuat untuk mengubah seseorang menjadi lebih baik ialah dengan bersyukur setiap waktu. Bersyukur atas apa yang telah dicapai, maupun bersyukur atas apapun cobaan yang diberikan Tuhan.

Apakah harus bersyukur ketika mendapat cobaan?

Tentu saja, karena pada prinsipnya cobaan itu akan membuat seseorang menjadi lebih tangguh seiring beratnya cobaan. Lagipula, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya bukan?

Intinya, apapun keadaan yang kita alami saat ini, kita harus senantiasa bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Dengan begitu, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tinggalkan Pesan