bnpt-lamongan
FOTO :BNPT RI

LAMONGAN,newsreal.id – Pemerintah Republik Indonesia berusaha penuh mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan program vaksinasi nasional. Dalam pelaksanan program tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai lembaga negara ikut berpartisipasi dan  menyukseskan program vaksinasi dengan kembali menggelar vaksinasi gratis kepada mitra deradikalisasi dan masyarakat di Yayasan Lingkar Perdamaian (YLP) di Desa Tenggulun, Lamongan, Jawa Timur, pada Senin (23/8/2021). 

Pelaksanaan vaksinasi kepada mitra deradikalisasi, bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh BNPT. Sebelumnya pada bulan Juli 2021 lalu, BNPT bersama dinas kesehatan setempat menggelar vaksinasi gratis ke mitra deradikalisasi sekaligus santriawan dan santriawati serta warga sekitar di Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. 

“Tentunya kita wajib mendukung program vaksinasi yang saat ini dijalankan pemerintah yang dilaksanakan secara nasional, tidak lain ini untuk meningkatkan herd immunity, terutama kekebalan kelompok masyarakat yang dibutuhkan dalam situasi pandemi ini,” ungkap Kepala BNPT. 

Vaksinasi di Lamongan ini terselenggara berkat sinergitas BNPT dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan, FORKOPIMDA, serta Dinas Kesehatan. Vaksinasi pertama ini dilakukan terlebih dahulu kepada 20 Mitra Deradikalisasi beserta keluarga, lalu dilanjutkan dengan pemberian vaksin kepada ratusan masyarakat sekitar Desa Tenggulun. 

Selain membantu program nasional dalam pengendalian Covid-19, vaksinasi ini menurut Boy Rafli sebagai bentuk kehadiran BNPT untuk dapat membantu meluruskan informasi miring mengenai vaksin yang beredar di masyarakat. 

“Banyak pihak-pihak yang memprovokasi untuk tidak mensukseskan kegiatan vaksin, nah itu juga yang ingin kita ingin luruskan, tentunya dibantu juga oleh para mitra deradikalisasi yang ada disini,” tutur Boy.

Sementara itu, salah seorang mitra deradikalisasi yang pernah terlibat dalam aksi terorisme, Ali Fauzi, juga ikut serta mendapatkan vaksin. Ia pun berterima kasih kepada BNPT karena telah memperhatikan para mitra dan juga masyarakat sekitar di Desa Tenggulun. 

“Alhamdulillah hari ini Kepala BNPT datang ke lingkaran perdamaian, beliau mengajarkan kita menjadi manusia cerdas dan tidak boleh percaya dengan berita- berita yang belum tahu kebenarannya, menghimbau napiter untuk verifikasi informasi. Saya juga divaksin rasanya biasa saja tidak ada perubahan, semoga nanti vaksin kedua lancar,” tutur Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian tersebut. 

Tak hanya vaksinasi, Kepala BNPT juga memberikan bantuan sosial kepada Mitra Deradikalisasi BNPT, dan 4 korban tindak pidana terorisme secara simbolis. Dalam kesempatan ini, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dan Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian, Ali Fauzi, serta pejabat tinggi BNPT. (rls)

Tinggalkan Pesan