kendaraan-sampah-csr-bank-jateng
KENDARAAN SAMPAH – Gubernur Ganjar Prnomo dan Bupati Juliyatmono mencoba kendaraan pengangkut sampah sumbangan Bank Jateng. newsreal.id/Jok DH)

KARANGANYAR,newsreal.id – Sebanyak 20 kendaraan roda tiga untuk mengangkut sampah, diserahkan Bupati Juliyatmono untuk 20 kades dan lurah di Karanganyar, sumbangan dari CSR Bank Jateng. Penyerahan disaksikan Gubernur Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar Pranowo menyambut baik program sampah yang harus selesai di tingkat desa, karena semakin sedikit sampah yang dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) akan semakin bagus. Sebab itu akan menjadikan TPA tidak menakutkan dan angker dengan tumpukan gunungan sampah,’’ kata dia, Selasa.

Ganjar menawarkan ada teknologi terbaru berupa incenerator portabel dengan panas mencapai 1.100 watt yang memungkinkan sampah bisa dibakar jadi abu dan itu menjadikan sampah bisa diolah serta selesai sampai tingkat desa.

Namun Ganjar mengatakan masih akan melihat apakah barang itu cocok untuk mengolah sampah skala kecil seperti sampah pedesaan. Masih akan dilihat lagi incenerator portable tersebut. Jika benar, barangnya akan ditawarkan ke Karanganyar.

‘’Namun saya angkat topi dengan konsep tersebut karena sedikit banyak akan mengatasi problem sampah yang memang sudah mendunia. Sampah harus selesai di level desa sehingga bukan lagi menjadi problem pemerintah.

Termasuk sampah alat kesehatan, masker yang kini menumpuk dengan adanya covid ini. Maka sampah harus dikelola dengan baik, masker harus dihancurkan agar tidak diambil orang dan dijual lagi. Termasuk sampah APD yang harus dimusnahkan.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, desa di Karanganyar ada 177 desa sehingga jika bantuannya hanya 20 buah kendaraan roda tiga, masih kurang. Tahun depan diharapkan akan ditambah lagi sehingga setiap desa kebagian.

Bupati memang selalu menekankan, sampah bisa selesai di tingkat desa dan TPA akan disulap menjadi taman yang indah. Karena itu dia berharap Bumdes bisa mengelola sampah menjadi sampah organik, dan tidak lagi menjadi problem.

Sedangkan Ganjar Pranowo yang baru saja datang rapat dengan Presiden di Kabupaten Purworejo mengatakan, berpesan soal covid yang masih menjadi ancaman bagi kehidupan di seluruh negara di dunia.

Pemerintah akan berusaha agar covid tidak semakin meningkat, tentu saja dengan dukungan warga secara berdisiplin memakai masker, cuci tangan dan jangan berkerumun dulu termasuk hajatan. Disamping covid yang akan didorong adalah ekonomi. Triwulan ketiga dan keempat ini kalau bisa belanja dipermudah agar dikucurkan ke masyarakat, agar daya belinya makin besar.

Setelah sukses mengaktifkan jogo tonggo, akan dimulai jogo santri di wilayah pondok pesantren, dan jogo kerjo, di tempat kerja yang menjadi salah satu wilayah penyebaran. Intinya semua waspada dan saling mengingatkan.

Sedangkan Kepala Bank Jateng Karanganyar Sigit Nurbiyanto mengatakan, bantuan itu total senilai Rp 540.000 didasarkan pada permohonan pemerintah Karanganyar k Bank Jateng untuk mendukung kinerja Dinas Lingkungan Hidup.(Joko DH)

Tinggalkan Pesan