Su-35
FOTO : defenseworld.net

VLADIVOSTOK,newsreal.id – Rusia siap memasok China dengan pesawat tempur Su-35 baru jika negara Tirai Bambu itu berminat.

Rusia siap bermitra dengan China dalam penyediaan pesawat tempur multiguna Sukhoi Su-35. Demikian disampaikan Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Teknis-Militer Dmitry Shugaev kepada wartawan di Forum Ekonomi Timur (EEF-2021) seperti dilansir tass.com.

“Sampai saat ini, tidak ada aplikasi baru dari China untuk pembelian batch tambahan jet tempur multiperan Su-35 yang telah diterima. Pada saat yang sama, Rusia siap untuk kerjasama lebih lanjut dengan pihak China mengenai topik ini setelah menerima permintaan yang relevan,” kata Shugaev

Forum Ekonomi Timur keenam diadakan di Vladivostok pada 2-4 September dalam format hybrid (gabungan online dan tatap muka), topik utama program bisnis adalah “Peluang Baru untuk Timur Jauh di Dunia yang Berubah”.

Program lain yang menjadi bagian dari forum ini antara lain Youth EEF, EEF Junior, dan Far East Street. Forum ini diselenggarakan oleh Roscongress Foundation.

Kendati ada tawaran menggiurkan dari negara tetangga itu. China masih percaya diri dengan kekuatan tempurnya.

Dikutip dari CNN, China memiliki 3.205 tank tempur, 35 ribu kendaraan lapis baja, 1.970 unit self-propelled artillery, 1.234 unit artileri darat, dan 2.250 proyektor roket.

Pada pertahanan laut, AS memiliki 490 unit armada laut dengan 11 kapal induk, 68 kapal selam, 92 kapal perusak, 21 kapal korvet, dan 13 kapal patroli laut. AS juga memiliki 13.513 bandara dan 35 terminal serta pelabuhan.

Sementara itu, China memiliki 777 unit armada laut dengan dua kapal induk, 79 kapal selam, 50 kapal perusak, 46 kapal frigate, 72 kapal korvet, dan 123 kapal patroli laut. China juga memiliki 507 bandara dan 22 terminal serta pelabuhan. (Red)

Tinggalkan Pesan