KEMAMPUAN indera pengelihatan ini. Oleh karena itu, menjaganya tetap sehat dan berfungsi maksimal adalah suatu keharusan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat, seperti mengurangi interaksi dengan layar monitor terlalu lama, mengurangi interaksi dengan smartphone, membaca di tempat yang remang dan lainnya.

Namun, itu saja tidak cukup, kesehatan mata juga perlu dijaga dari dalam, yaitu dengan memberikan asupan terbaik yang menjaga fungsi mata tetap optimal. Lalu apa saja makanan terbaik untuk mata yang sehat? Berikut daftarnya yang dihimpun dari berbagai sumber :

  1. Tomat

Tomat mengandung pigmen karotenoid yang disebut likopen. Senyawa inilah yang memberi warna merah pada tomat. Selain itu, likopen juga dapat melindungi mata Anda dari radiasi berbahaya seperti sinar UV matahari.

Kandungan likopen yang tinggi dalam tubuh juga dapat mencegah risiko degenerasi makula, suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang tua.

Tomat juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, dimana vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga mata agar tetap sehat. Vitamin A juga membantu melindungi permukaan luar mata yang disebut kornea.

Kekurangan vitamin C juga diketahui menjadi salah satu penyebab katarak. Bagusnya, tomat juga mengandung kadar vitamin C yang sangat baik.

  1. Wortel

Selain mudah didapat, wortel juga sering dijumpai pada masakan-masakan rumahan, misalnya sup. Tahukah Anda bahwa wortel mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mata?

Wortel kaya akan vitamin A yang berguna untuk menjaga penglihatan agar tetap optimal. Kekurangan vitamin A dapat menimbulkan masalah serius terkait kesehatan mata.

Lutein adalah nutrisi penting untuk mata yang terdapat di wortel. Nutrisi ini mampu melindungi retina dan mengurangi kemungkinan terdampak degenerasi makula.

Anda dapat menikmati wortel dengan berbagai cara, seperti dibuat sup atau dikonsumsi langsung dalam bentuk jus tanpa gula. Namun sebisa mungkin jangan memasaknya terlalu lama, agar nutrisi dalam wortel tetap terjaga dengan baik.

  1. Salmon

Selain terkenal dengan kekayaan asam lemak Omega-3 nya, daging ikan salmon juga dapat menjaga kesehatan mata tetap optimal.

Asam lemak Omega-3, secara efektif mencegah kekeringan retina dan degenerasi makula terkait usia.

Sindrom mata kering adalah suatu kondisi di mana mata tidak mampu melumasi mata secara sempurna, sehingga menimbulkan kekeringan. Efek yang ditimbulkan dari kekeringan ini ialah penglihatan menjadi kurang jelas atau buram. Ikan salmon merupakan salah satu makanan terbaik untuk mencegah sindrom mata kering ini.

Vitamin D adalah nutrisi penting untuk mata, dan ini terdapat pada ikan salmon. Vitamin D membantu menjaga penglihatan mata yang baik dan mencegah peradangan retinal.

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung dua nutrisi mata terpenting yang disebut lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan makula retina yang disebabkan oleh cahaya. Dengan melindungi wilayah makula retina, nutrisi lutein dan zeaxanthin membantu menurunkan risiko kondisi terkait usia yang disebut degenerasi makula.

Konsumsi sayuran berdaun hijau yang seimbang dapat meningkatkan kekuatan mata dalam mendeteksi perbedaan kontras.

Sayuran berdaun hijau mengandung Vitamin E. Vitamin tersebut adalah nutrisi penting untuk mencegah katarak, suatu kondisi yang mempengaruhi penglihatan dengan mengaburkan lensa mata.

Di samping itu, sayuran hijau juga merupakan sumber seng yang sangat baik. Mineral ini berperan penting dalam produksi pigmen yang disebut melanin yang melindungi mata.

  1. Telur

Selain ikan salmon, telur juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Dengan mencukupi nutrisi ini, maka Anda akan terhindar dari glaukoma yang merusak saraf optik mata Anda. Lemak omega-3 juga dapat mengontrol tekanan tinggi pada mata.

Asupan telur harian bisa mengurangi penipisan daerah makula pada retina. Ini akan membantu Anda menjaga penglihatan mata agar tetap optimal. (iv)