Gempa Banten Getaran Sampai Jakarta, Waspada Potensi Tsunami Mengacu Pemodelan

JAKARTA,newsreal.id – Gempa Jakarta yang berpusat di Banten ini terasa kencang di gedung-gedung tinggi, Jumat (14/1/2022) sore WIB.

Salah satunya di Gedung KPK, Jakarta Selatan. Para pegawai KPK yang panik langsung keluar Gedung Merah Putih.

Di kawasan Tendean, para karyawan kantor berlarian keluar menyelamatkan diri ketika gempa M 6,6 ini mengguncang Jakarta.

Karyawan lari dari lantai atas gedung dengan menuruni tangga darurat seperti ditulis detik.com.

Berdasarkan informasi dari BMKG setelahnya, pusat gempa adalah di Sumur, Banten. Gempa Banten berkekuatan M 6,6. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 40 km (sebelumnya dinyatakan BMKG di kedalaman 10 km).

Baca : Dudung Abdurachman, Kasad Pertama Pilot Helikopter Serang AH-64E Apache

Potensi Tsunami

Potensi tsunami mengancam daerah selatan pesisir Pulau Jawa dan sekitarnya. Berdasarkan pemodelan, tsunami di selatan Jawa efeknya bisa sampai ke pesisir Jakarta dan sekitarnya meski kawasan ibu kota jauh di bagian utara.

Kepala Laboratorium Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas seperti dikutip dari cnbcindonesia menyampaikan, berdasarkan data dari Global Navigation Satellite System (GNSS), dikonfirmasi adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga pesisir selatan Pulau Jawa.

Baca : Pemerintah Gratiskan Vaksinasi Booster Covid-19, Sasaran Prioritas Lansia dan Kelompok Rentan

Seperti Pelabuhan Ratu dan selatan Parangtritis hingga selatan Pantai Jawa Timur. Berdasarkan hasil pemodelan, jika gempa terjadi dengan kekuatan mencapai magnitudo (M) 8,7 hingga 9,0, bisa jadi diikuti tsunami setinggi 20 meter. (Red)

Tinggalkan Pesan