ANTARA FOTO : Maulana Surya

SOLO,newsreal.id – ASEAN Para Games 2022 resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam WIB. Upacara pembukaan APG 2022 kental akan unsur budaya Tanah Air.

Upcara pembukaan APG 2022 dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta sejumlah pejabat negara seperti Menpora Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Adapun pertunjukkan wayang kulit yang dibawakan oleh dalang Ki Purbo Asmoro membuka kemeriahan panggung Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022.

Dilansir dari Antara, dalang ini menampilkan cerita pewayangan dengan tokoh Rajamala, yang menjadi maskot APG ke-11 tersebut.

Atraksi penuh unsur budaya lalu dilanjutkan oleh para penyandang disabilitas yang menampilkan pertunjukan seni bertajuk “Budhalan”.

Dengan busana warna-warni, mereka membawa umbul-umbul dan wayang gunungan sebagai salah satu logo APG 2022.

Pementasan budaya selanjutnya menampilkan tarian dari para tokoh Mahabharata dan tokoh pewayangan orang di antaranya Arjuna, Gatot Kaca hingga Srikandi.

Pembukaan ASEAN Para Games 2022┬ádiresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin berharap para atlet dapat menunjukkan semangat sportivitas dalam bertanding. Dia juga berharap hubungan antarnegara ASEAN semakin erat.

Orang nomor 2 di Indonesia itu pun turut menyampaikan bahwa ASEAN Para Games merupakan event yang istimewa.

“Para Games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan,” ucap Ma’ruf Amin dalam pidatonya.

Ketua Pelaksana ASEAN Para Games 2022, Gibran Rakabuming, turut memberikan pidato di upacara pembukaan.

Tampil mengenakan pakaian adat Jawa, Gibran menyampaikan bahwa Solo telah menyiapkan diri menjadi tuan rumah APG 2022.

Pria yang juga merupakan Wali Kota Solo ini pun menyemangati seluruh atlet difabel yang akan berlaga.

Dia berharap para atlet dapat bersaing secara sportif demi meraih prestasi dan ajang ini bisa melahirkan talenta baru.

“Kami berharap dapat menemukan lebih banyak talenta baru, juara dunia dari event ini,” ucap Gibran.

“Kami juga berharap tekad, keberanian, komitmen itu terus menginspirasi kami untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dan memenuhi tagline ‘Striving of ‘Equality’ (memperjuangkan kesetaraan),” ucap putra sulung Presiden RI Joko Widodo tersebut. (Red,ant)

Tinggalkan Pesan