kokain
FOTO ILUSTRASI : DOK

BRASIL,newsreal.id – Kepolisian di Brasil menyita lebih dari satu ton kokain yang disembunyikan di truk yang membawa kotoran kucing.

Penemuan ini terjadi pada Jumat (7/10) malam di negara bagian Minas Gerais ketika polisi lalu lintas menggeledah truk itu dalam perjalanan menuju kota pelabuhan Salvador de Bahia.

“Berkat anjing pelacak, agen menemukan sekitar 1.140 kilogram kokain dalam tas yang disembunyikan di bawah muatan kotoran kucing,” kata polisi lalu lintas dalam pernyataannya, diberitakan AFP seperti dilansir CNN, Sabtu (8/10).

Kokain itu dikatakan senilai sekitar US$39 juta atau Rp596 miliar.

Brasil adalah persimpangan jalan bagi perdagangan narkoba internasional. Jalan darat atau air di Brasil kerap digunakan negara-negara penghasil kokain seperti Kolombia, Peru dan Bolivia.

Pengiriman kokain bisa menuju Eropa atau Afrika menggunakan kapal-kapal dari pelabuhan-pelabuhan utama di Brasil seperti di Santos atau Salvador de Bahia.

Pada Juni lalu, pria bernama Sergio Roberto de Carvalho, yang dikenal dengan sebutan Pablo Escobar dari Brasil, ditangkap di Hungaria.

Dia diduga menjalankan jaringan narkoba besar yang memasok kokain ke Eropa. de Carvalho sudah buron sejak 2020. (Cnn/red)

Tinggalkan Pesan