kirab-budaya-tirtonadi

SOLO,newsreal.id – Sebanyak 24 Rukun Warga dari kelurahan Gilingan, mengikuti Kirab Kupatan Tirtonadi dan Festival Kuliner Kupat, pada Minggu (23/6). Acara tahunan ini melibatkan ribuan warga masyarakat, baik sebagai peserta maupun sebagai penonton.

Menggambil titik awal di lantai atas Terminal Tipe A Tirtonadi, kirab yang kali ini menggambil tema Gregahing Warga Hambangun Kuncaraning Negara itu dibuka langsung oleh Lurah Gilingan Joko Partono dan Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto.

Kirab mengambil rute Terminal Tirtonadi – Jl. Setia Budi – Jl Salak – Jl Kutilang – Simpang 4 Dewa Dewi – Perempatan Munggung dan akan mengambil titik akhir di gedung Kelurahan Gilingan.

Berbagai atraksi ditampilan dalam gelaran ini seperti reog, seni tradisi, tari-tarian dan tentunya kirab ketupat dan saian-sajian lainnya.

Baca : Bersih Desa Rejosari, Doakan Pemilu 2019 Damai

Baca : Warga Larut Dalam Kegembiraan Ritual Dukutan

Agenda ini sebagai bagian dari upaya warga Solo bersama Pemerintah Kota Surakarta melestarikan seni tradisi lokal.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto mengatakan pihaknya menyediakan tempat di terminal sebagai ajang kirab dan festival yang di selenggarakan oleh Kelurahan Gilingan Banjarsari.

Baca : Calon Kuat Putra Mahkota Keraton Surakarta, KGPH Mangkubumi : ”Saya sangat kecewa…,”

Ia berharap fasilitas-fasilitas yang tersedia di terminal bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan umum.
“Meski terminal ini di bawah naungan Kementerian Perhubungan tetapi terminal tetap mendukung kegiatan lingkungan seperti festival dan kirab budaya,” katanya. (Budi Santoso)

Tinggalkan Pesan