DIALIHKAN : Petugas Polres Sukoharjo melakukan pengalihan arus di Jalan Jenderal Sudirman dari arah selatan (Wonogiri) melalui Jalan Pemuda, Minggu (9/6). (newsreal.id/Heru susilo)

SUKOHARJO,newsreal.id – Memasuki H+4 Lebaran, arus lalulintas di Sukoharjo Kota khususnya, terpantau padat merayap. Khusus di Jalan Jenderal Sudirman, sistim buka tutup arus masih diberlakukan. Khususnya dari arah Wonogiri atau selatan yang akan ke Solo.
Pengendara dari selatan, khususnya mobil tidak bisa langsung ke utara melalui depan Pasar Ir Soekarno, tetapi harus berbelok melalui jalan Pemuda. Dari sana pengendara akan diarahkan petugas menuju Jalan Jaksa Agung R Suprapto kemudian kembali masuk Jalan Jenderal Sudirman.
Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni mengatakan, buka tutup arus kendaraan masih diberlakukan. Tetapi sifatnya situasional. Artinya, jika memang arus cukup padat, arus dialihkan namun jika landai, arus dari arah selatan bisa langsung ke utara melalui depan pasar.
Terkait dengan situasi arus mudik dan balik, AKP Zamroni mengatakan secara umum lancar aman dan terkendali. Bahkan kemacetan ekstrim di bundaran Kartasura yang terjadi pada Lebaran tahun lalu, tidak terjadi saat ini.
“Keberadaan pospam di Sanggung, Gatak menjadi kunci terurainya kemacetan di Kartasura. Karena di sana arus dari arah Yogyakarta bisa dipantau dan diarahkan. Selain itu, koordinasi dengan pospam di Pakis, Klaten juga lebih mudah,” jelas Kasat Lantas.
Pihaknya mengakui masih ada beberapa titik antrean panjang kendaraan di beberapa tempat. Hal itu sudah diantisipasi oleh petugas yang ada di lapangan. Yang jelas, pihaknya menegaskan situasi arus lalulintas selama Mudik dan Balik, lancar aman terkendali. “Puncak arus balik itu terjadi pada Sabtu (8/6) kemarin. Saat ini memang masih padat tetapi lancar,” terangnya.
Berdasarkan pantauan di CCTV milik Dishub Sukoharjo, kepadatan arus lalulintas masih terjadi di sejumlah titik. Di antaranya di Bundaran Kartasura yang menjadi pintu pertemuan arus dari Yogya-Solo-serta Semarang. DI jalur ini kendaraan berpelat nomor luar kota masih mendominasi. Selain itu di dalam kota sendiri, arus sudah mulai landai. (Heru susilo)

Tinggalkan Pesan