KYIV,newsreal.id – Presiden Joko Widodo akhirnya bersua dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Dalam akun instagram pribadinya Presiden Jokowi mengaku terkesan dengan pertemuan bersejarah ini.

“Jauh-jauh datang ke Ukraina dan menemui Presiden Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, saya tidaklah sekadar berkunjung. Kedatangan saya adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap situasi di Ukraina, ” ucap Jokowi, Kamis (30/6/2022).

Sejumlah pesan-pesan dan harapan disampaikan mantan Wali Kota Surakarta ini. Di antara tentang spirit perdamaian, dan ikhwal pasokan pangan dunia.

“Spirit perdamaian jangan pernah luntur. Dalam kaitan ini, saya datang menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi pula.”

“Dan Ukraina begitu penting bagi rantai pasok pangan dunia. Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut,” terang RI.

Pada bagian lain, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga akan terus memperkuat kerjasama dengan Ukraina. Termasuk rencana Jokowi menyampaikan pesan perdamaian me Presiden Rusia, Putin

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Kepada Presiden Zelenskyy saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik.”

Pada kesempatan ini Presiden RIjuga  menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 bulan November tahun ini di Bali. (Red)

Tinggalkan Pesan