bnpt _aceh
Kepala BNPT RI Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H bersama jajaran dan pemerintah daerah di Sabang NAD berfoto bersama usai peresmian Warung NKRI, Kamis (15/12/2022).

SABANG, newsreal.id – Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI atau Warung NKRI hadir di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Warung NKRI ke-18 ini berlokasi di Zero Cafe Sabang, Aceh.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H menyampaikan, Warung NKRI sebagai upaya pencegahan benih-benih virus intoleransi radikal terorisme yang bertentangan dengan semangat nilai-nilai luhur bangsa.

“Virus Intoleransi harus diberantas guna memberikan pertahanan kepada masyarakat Indonesia yang heterogen, khususnya para generasi muda, ” terang Boy usai meresmikan Warung NKRI ke-18 dengan tema “Bersinergi Membangun Generasi Nusantara Harmoni”, pada Kamis (15/12/2022).

Baca : Mitigasi Bencana Alam, Presiden Minta Jajarannya Perhatikan Informasi dari BMKG

Di satu sisi kata Boy, anak muda harus dapat menyadari bahaya paham intoleransi yang  mengganggu, mengancam dan menghambat proses kehidupan berbangsa serta bernegara. Salah satunya apabila intoleransi bermetamorfosis menjadi radikal terorisme yang berkembang secara bebas.

“Oleh karena itu semangat kebersamaan dari program Warung NKRI diharapkan akan tumbuh untuk menyebarkan pesan-pesan penting kepada generasi muda yang dapat disampaikan kepada masyarakat luas dan bisa menjadi bagian upaya membangun kesadaran bersama. Karena kita perlu kesadaran kolektif untuk memperkuat dan memperkokoh ketahanan bangsa kita terhadap virus intoleransi radikal terorisme,” ungkapnya. 

Jenderal bintang tiga lulusan Akpol 1988 ini menambahkan, virus intoleransi bisa mempengaruhi kalangan manapun hingga secara tidak sadar menjadi bagian dari penyebarluasan paham intoleransi radikal terorisme.

Ia menambahkan dengan menggunakan konsep pentahelix, dirinya berharap  Warung NKRI dapat menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat secara jelas dan masyarakat menyadari bahwa ada potensi ancaman yang bisa datang tanpa disadari.

“Karena dengan adanya kegiatan ini kesadaran bisa lebih meningkat dan menutup ruang dari pergerakan paham intoleransi radikal terorisme yang bertentangan dengan nilai-nilai bangsa kita,” ungkap kepala BNPT RI.

Baca : Oktober 2022, Produksi Beras Kabupaten Purwakarta Over Target

Sementara PJ. Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menyambut baik kehadiran Warung NKRI di kota Sabang. Dengan kehadiran Warung NKRI, dirinya berharap hal ini bisa menjadi media yang strategis untuk menyampaikan pesan-pesan kebangsaan yang dapat membangun rasa nasionalisme generasi muda kota Sabang.

“Kami tentu sangat senang dan sangat mendukung hadirnya Warung NKRI di Kota Sabang ini. Selain tempat ngumpulnya anak-anak muda, tempat ngopi, tentu juga ini menjadi wadah untuk diskusi, membicarakan isu-isu dan sekaligus menjadi media yang cukup efektif untuk memupuk nilai nilai kebangsaan, khususnya bagi anak-anak muda di kota Sabang,” ungkap Reza Fahlevi.

Warung NKRI merupakan salah satu program sinergisitas pencegahan terorisme yang dilakukan BNPT RI bersama pemerintah di level pusat dan daerah, akademisi, komunitas, media dan pelaku usaha. selain menjalankan fungsi warung, Warung NKRI juga akan menjadi ruang diskusi dan dialog terkait nilai-nilai kebangsaan.

Peresmian ini dihadiri oleh Pj. Walikota sabang, Reza Fahlevi, Wakil Ketua MPU Aceh, Muhibbuthabary, Ketua KNPI Aceh, Aulia Rahman dan Kaban Kesbangpol Kota Sabang T. Ramli Angkasa, tokoh-tokoh agama setempat dan juga perwakilan dari mitra deradikalisasi Aceh. (Bun)

Tinggalkan Pesan