wabah-virus-corona
FOTO/ILUSTRASI

WONOGIRI,newsreal.id — Pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect penyakit virus corona dari Kabupaten Wonogiri dikabarkan membaik. Perempuan berinisial S yang sempat dirawat di rumah sakit Amal Sehat (RSAS) Slogohimo, Kecamatan Slogohimo itu telah mendapatkan perawatan di rumah sakit Dokter Moewardi Solo.

Bupati Wonogiri Joko ‘Jekek’ Sutopo menerangkan, pasien tersebut dalam kondisi yang baik. “Sejak awal kondisinya memang sudah baik. Yang jelas, Ny S ini sudah mendapatkan penanganan dengan baik di rumah sakit Dokter Moewardi,” katanya, Minggu (15/3).

Sebelumnya, pasien tersebut memeriksakan diri ke RSAS Slogohimo karena merasakan gejala yang mirip penyakit virus corona. Oleh karenanya, pasien kemudian dirujuk ke rumah sakit Dokter Moewardi Jumat lalu (13/3) agar ditangani lebih lanjut dan dipastikan apakah pasien terjangkit corona atau bukan.

Dia menegaskan, pusat informasi dan pelaporan harus satu pintu melalui Pemkab Wonogiri. Tujuannya agar tidak ada isu-isu yang beredar sehingga mengakibatkan kegaduhan dan kepanikan di dalam masyarakat.

“Jangan memberi informasi yang validitasnya belum jelas. Informasi harus bisa dipertanggungjawabkan, bukan isu atau hoaks,” pintanya.

Di sisi lain, Bupati menekankan agar pihak-pihak yang mengambil keuntungan secara tidak wajar di tengah kondisi seperti ini agar ditindak tegas. Dia mencontohkan penjualan masker yang dalam kondisi normal hanya seharga Rp 30.000 per bungkus, sekarang ada yang melonjak hingga Rp 300.000 per bungkus.

Pihaknya ingin berkoordinasi dengan aparat penegak hukum supaya tidak ada yang mengambil keuntungan pribadi secara tidak wajar di tengah kesulitan. “Harus ditindak tegas dan dipidana,” tegasnya. (Khalid Yogi)

Tinggalkan Pesan