libur-boyolali
FOTO/AyoYogya.com

BOYOLALI,newsreal.id –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali kembali memperpanjang para siswa untuk belajar di rumah. Hal ini bertujuan untuk menangkal pandemi Covid-19.

Para siswa masih diminta untuk belajar di rumah lagi mulai tanggal 1 sampai 31 Mei 2020 atau selama satu bulan. Kegiatan pembelajaran berlaku bagi seluruh siswa jenjang PAUD sampai dengan SMP.

“Dan berlaku baik sekolah negeri maupun swasta di Boyolali,” ujar Kepala Disdikbud Boyolali, Darmanto.

Dijelaskan, keputusan tersebut diambil karena pihaknya melihat perkembangan situasi, kondisi dan informasi dalam upaya pencegahan perkembangan virus Corona di seluruh wilayah Kabupaten Boyolali.

Selain itu juga berpedoman kepada SE Bupati Boyolali, Maklumat Kapolri dan SE Mendikbud serta SE Bupati nomor 0601/766/1.8/2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkup Pemkab Boyolali.

Baca : KAI Serahkan Bantuan Alat tes Covid kepada Kemenhan RI

“Kami menyesuaikan dengan surat edaran (SE) Sekda tentang perpanjangan work from home (WFH).”

Meski sekolah libur, lanjut dia, namun tidak bagi Kepala Sekolah, Koordinator PAUD, Dikdas dan LS. Mereka tetap diwajibkan masuk kerja setiap hari. Mereka juga diminta membuat laporan jadwal pelaksanaan tugas di unit kerja masing-masing. “ASN yang melaksanakan tugas dari rumah tidak perlu melakukan presensi, namun mereka wajib mengaktifkan alat komunikasinya atau ponselnya.”

Juga siap jika diminta kerja di kantor guna melakukan koordinasi dan komunikasi kedinasan. Termasuk kewajiban melaporkan hasil pekerjaannya setiap hari secara online kepada atasan secara berjenjang.

“Dimana guru yang bekerja di rumah tetap melakukan tugas dan kewajibannya sebagai pemandu dan fasilitator pembelajaran bagi siswa.”

Baca : Boyolali Naikkan Status Wabah Covid-19 Menjadi Tanggap Darurat

Dari data yang ada, perpanjangan libur bagi siswa PAUD, SD dan SMP tersebut sudah yang kesekian kalinya. Penyebabnya sama, akibat wabah virus Corona. Pertama Disdikbud Boyolali meliburkan mulai tanggal 20 hingga 28 Maret 2020.

Kemudian libur diperpanjang hingga 6 April 2020, namun diperpanjang lagi selama satu bulan hingga 30 April 2020. Terakhir, libur siswa kembali diperpanjang hingga tanggal 31 Mei 2020. (Joko Murdowo)

Tinggalkan Pesan