jamaah-umrah
FOTO/DOK

JAKARTA,newsreal.id – Kementerian Luar Negeri RI, menyampaikan bahwa Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta telah mengirimkan Nota Diplomatik mengenai dibukanya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah asal Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno LP Marsudi dalam keterangan pers, Sabtu (09/10/2021).

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia. Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah,” ujar Menlu.

Terpisah, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief hari ini bersilaturahmi ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta. Kedatangan Hilman disambut Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat ini membahas penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi. Hadir mendampingi Hilman, Sesditjen PHU Ramadhan Harisman dan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid.

“Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jemaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji,” terang Hilman di Jakarta, seperti dikutip dari kemenag.go.id.

Hilman juga menyampaikan situasi penanganan Covid-19 di Indonesia yang terus membaik. Tren pandemi di hampir seluruh kota sudah menurun drastis. Kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan pandemi juga terus meningkat. 

“Harapannya, ini bisa dijaga dengan disiplin agar pandemi terus menurun, keadaan menjadi lebih baik lagi, dan jemaah Indonesia bisa segera mendapat kesempatan untuk beribadah umrah,” ujar Hilman.(rls)

Tinggalkan Pesan