Stasiun Balapan Resmi Miliki Warung NKRI, Dari Jualan Jamu Sampai Camilan

SOLO,newsreal.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Stasiun Solo Balapan, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (9/12).

Kehadiran Warung NKRI ini merupakan kehadiran negara dalam hal Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama PT KAI Persero dalam mendukung Mitra Deradikalisasi agar dapat terus menyambung hidup. Yakni memastikan agar eks napiter dan penyintas ini dapat hidup layak.

Boy menjelaskan, Warung NKRI secara filosofis mengangkat semangat anti radikalisme dan terorisme dimana konsep warung ini adalah konsep yang diharapkan jadi tempat pertemuan, dalam kegiatannya dapat dititipkan pesan kebangsaan.

Baca : Ikan Emas Selamat dari Erupsi Semeru Jadi Buah Bibir, Netizen : Kelak Jadi Ikan Keramat

Baca : Heboh, PNS Diduga Camat di Karanganyar Terciduk Ngamar di Hotel Banjarnegara

Selain itu Warung NKRI ini akan memberi ruang kepada eks napiter dan Mitra Derad agar mampu mandiri secara ekonomi. 

“Aktivitas perekonomian UMKM di warung ini kita berikan kepada eks napiter dan penyintas sebagai bentuk pemberdayaan berbasis kesejahteraan,” jelasnya. 

Warung NKRI di Solo Balapan akan dikelola dengan gratis oleh sekitar enam orang Mitra Derad yang kebetulan berdomisili di sekitaran daerah Solo.

Di sini mereka akan berjualan produk-produk UMKM seperti kerajinan tangan, cemilan ringan, jamu dan makanan. 

Dengan disediakannya Warung NKRI ini, para eks napiter dan penyintas dapat saling bertemu dan berkomunikasi sehingga dapat terjalin hubungan yang baik. 

“Menyambungkan eks napiter dan penyintas agar rukun. Mereka guyub dalam menatap hari depan. Dan mereka harus yakin ideologi kekerasan radikalisme dan terorisme tidaklah cocok,” ujarnya. 

Baca juga : Resmi, Said Aqil Siraj Maju sebagai Calon Ketum PBNU Periode 2021-2026

Sementara itu mewakili Direktur Utama PT KAI Persero, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Persero, John Roberto menyebutkan PT KAI akan mendukung upaya penanggulangan terorisme di Indonesia. Salah satu dukungan tersebut adalah pendirian Warung NKRI dan Dialog Wawasan Kebangsaan Anti Radikalisme kepada insan PT KAI Persero. 

“Pendirian Warung NKRI merupakan salah satu Kolaborasi untuk menindak lanjuti PKS yang sebelumnya telah dibuat bersama. Sementara itu Dialog Wawasan Kebangsaan dapat membangkitkan rasa nasionalisme terhadap insan KAI serta menciptakan linkungan kerja yang bebas paham terorisme,” katanya. 

Peresmian Warung NKRI selanjutnya akan diadakan di Stasiun Malang Baru dan Gubeng Surabaya Provinsi Jawa Timur. (Rls)

Tinggalkan Pesan