andika-perkasa
Panglima TNI Andika Perkasa

KALTIM,newsreal.id– Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan akan mendirikan Komando Daerah Militer (Kodam), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Baru di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“TNI akan menghadirkan Kodam Baru, Lanal, dan Lanud dengan perangkatnya,” kata Panglima TNI saat mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau kawasan pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Dikutif kanal Youtube KompasTV, Kamis (17/2/2022), Panglima TNI mengatakan untuk Kodam dengan perangkatnya seperti Kodim, sedangkan Lanud dengan Komando Sektor (Kosek) Pertahanan Udara atau unsur-unsur lainnya. Kemudian TNI AL dengan Pangkalan Armada dan Lanal.

Menurut Panglima, dalam perencanaan kebutuhan lahan yang dibutuhkan untuk markas tersebut untuk Lanud sekitar 2700 hektar, sedangkan untuk menghadirkan Kodam baru dengan perangkatnya diperkirakan sebanyak 800 hektar, sedangkan TNI AL dengan Armada dan Lanal serta perangkatnya kurang lebih 1000 hektar jadi total kebutuhan untuk AD, AL dan AU kurang lebih 4.500 hektar.

“Kami berharap kalau bisa ada di kawasan perluasan IKN,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI menambahkan, kehadiran personel TNI di IKN dengan satuan-satuan dan alutsistanya pihaknya akan mengajukan penambahan personel kepada Menteri Pertahanan yang memiliki kewenangan pembangunan kekuatan pertahanan yaitu antara 30-50 ribu personel baru TNI AD, TNI AL dan TNI AU di luar kekuatan TNI saat ini.

Sumber foto: Kanal Youtube KompasTV

Tinggalkan Pesan