flyover-joglo-solo

*Groundbreaking dihadiri Menhub dan Wali Kota

SOLO,newsreal.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama-sama menyalakan tombol sirine peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan rel layang Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, Sabtu (8/1/2022).

Dengan adanya rel layang (flyover) dan juga akan dibangun underpass, pihaknya berharap dapat memangkas headway menjadi kurang dari 15 menit.

Selama ini waktu tunggu atau headway yang terjadi di simpang Joglo saat kereta api melintas cukup panjang mencapai lebih dari 30 menit.

Baca : Pemerintah Cabut Ribuan Izin Usaha Tambang, Kehutanan, dan HGU Perkebunan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kemenhub mendapatkan perintah atau narasi dari Presiden Jokowi bahwa konektivitas dan kepadatan lalu lintas harus di-manage dengan baik.

Oleh karena itu, jalur kereta api yang menghubungkan Solo-Bandara Adi Soemarmo akan dikoneksikan dengan Klaten dan Madiun.

“Hari ini saya bahagia, bahwa satu titik bagaimana kita akan akan mengoneksikan beberapa kota di Jawa Tengah ini dimulai dan diharapkan ini akan terurai. Solo adalah titik yang menghubungkan beberapa kota yaitu Klaten, Madiun, Karanganyar, tentunya yang ada di Surakarta. Tak ada batas provinsi tapi itu harus dilakukan,” ujar Menhub dalam sambutannya di acara groundbreaking rel layang Joglo tersebut.

PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika menjadi pemenang tender proyek pembangunan rel layang Joglo, Solo, tahap I yang dimulai dengan peletakan batu pertama pada Sabtu hari ini.

Baca : Desain Ibu Kota Negara Jadi, Presiden Jokowi : Yess

Nilai anggaran proyek yang bertujuan mengatasi kemacetan di simpang tujuh palang Joglo, Banjarsari, Solo, itu mencapai hampir Rp1 triliun, tepatnya Rp980 miliar dengan beberapa tahap pengerjaan. Setelah peletakan batu pertama, PT Wijaya Karya akan langsung bekerja menggarap proyek tahap I dengan nilai anggaran sekitar Rp280 miliar dan ditargetkan rampung pada tahun ini juga. (Red)

Tinggalkan Pesan