SOLO,newsreal.id – Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming meresmikan Pasar Legi Surakarta, Kamis (20/1). Turut hadir Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris.

Rehabilitasi Pasar Legi Surakarta dilakukan karena sempat terbakar dua kali pada 2018 dan 2020. Rehabilitasi menggunakan konsep Green Building dan bersertifikat Bangunan Gedung Hijau (BGH) Tingkat Pratama.

Bangunan pasar terdiri dari 4 zona yang masing-masing memiliki gedung 3 lantai. Penataan di dalam area pasar mencakup 337 unit kios, 1.932 unit los, dan 250 unit plataran.

Fasilitas umum yang tersedia di antaranya area parkir, masjid, kantor pengelola, ruang paguyuban (SPTI & IKAPAGI), ruang kesehatan, ruang laktasi, serta shelter angkutan umum.

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap baik para pedagang maupun pihak terkait lain dapat terus menjaga dan memelihara kondisi pasar saat ini agar dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat Solo Raya.

Sementara itu, mantan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, dengan diresmikannya gedung baru Pasar Legi, harapannya Pasar Legi menjadi pasar induk yang betul-betul bermanfaat bagi para petani di Solo Raya, sebagai bagian dari “KERIS” yakni Kebangkitan Ekonomi Rakyat Indonesia Surakarta. (Red)

3 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan