pwi_2023
FOTO DOK

BANDUNG,newsreal.id –Hendry Ch Bangun terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023-2028, dalam Kongres XXV PWI di Hotel El Royale Bandung, Rabu dini hari, 27 September 2023.

HCB –panggilan akrab Hendry- berhasil memenangkan pemilihan ketua PWI Pusat setelah menyisihkan kandidat lainnya yakni Atal Sembiring Depari (petahana ketua umum PWI) dan Zulmansyah Sekedang (Ketua PWI Riau).

Sementara itu Sasongko Tedjo terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat menggantikan Ilham Bintang yang sudah dua kali menjabat Ketua DKP PWI Pusat.
Pemilihan Ketum PWI Pusat harus berlangsung dua putaran lantaran pada pemilihan pertama tidak ada yang mencapai suara 50 persen lebih dari 88 suara yang diperebutkan.

Dalam putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara, Hendry mendapatkan 39 suara, dan calon lainnya yakni Zulmansyah Sekedang meraih sembilan suara, dengan semua suara masuk ke masing-masing calon, tanpa ada yang abstain ataupun tidak sah.

Hendry Ch Bangun, mantan wartawan Kompas yang pernah menjabat Sekjen PWI Pusat dan anggota Dewan Pers itu mengalahkan Atal S Depari dengan meraih 47 berbanding 41 suara.
Dalam pemilihan yang dipimpin oleh tiga pimpinan sidang yakni Luthfil Hakim (Ketua PWI Jatim), Syamsir Hamajen (Sekretaris PWI Malut), dan Farianda Putra Sinik (Ketua PWI Sumut) ini, total suara yang diperebutkan adalah 88.

Adapun 88 suara tersebut adalah suara dari PWI seluruh provinsi di Indonesia. Tiap provinsi memiliki jumlah suara berbeda tergantung jumlah wartawan anggota PWI yang dimiliki, satu suara proporsinya sama dengan 100 anggota di satu provinsi.

Untuk teknis pemilihan, tiap Ketua PWI Provinsi melakukan pemilihan atas calon yang ada dengan mendapatkan kuota suara berdasarkan jumlah anggota di wilayahnya.
Seperti misalnya PWI Cabang khusus Surakarta setara cabang provinsi yang mendapat jatah 1 suara. Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul akrab dipanggil Gus Anas mewakili anggotanya memasukkan satu surat suara ke bilik suara.

Lebih lanjut Anas mengapresiasi pelaksanaan kongres yang berjalan lancar, tertib dan menghasilkan keputusan-keputusan berkualitas bagi kemajuan organisasi. “Selamat untuk ketua terpilih, semoga bisa makin memajukan organisasi dalam meningkatkan profesionalisme anggotanya. Terima kasih juga kepada ketua sebelumnya yang telah bekerja luar biasa untuk kebaikan organisasi,” kata Anas.
Hendro Basuki, wartawan senior dari Jawa Tengah yang juga anggota PWI menyambut gembira terpilihnya Hendry. Dia menyakini banyak sekali anggota PWI yang berharap Hendry Chaerudin Bangun mampu menahkodai kapal besar PWI untuk 5 tahun mendatang, sekaligus menyambut perubahan gelombang zaman. Era disrupsi 4.0 dan 5.0 Artificial Inteligent.

“Seorang nahkoda yang hebat adalah mereka yang memenangkan pertarungan melawan ombak yang ganas. Bukan di laut yang ramah,”papar Hendro memberikan gambaran. (*)

Tinggalkan Pesan